Senin, Maret 27, 2023

PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERSONAL BRANDING

 



PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERSONAL BRANDING SELEBGRAM


A.      Latar Belakang

Selebritis Instagram atau Selebgram biasanya memiliki banyak Followers atau penggemar di Instagram, karena memiliki foto atau video yang menarik dan sehingga disukai masyarakat. Selebgram ini berkaitan dengan platform media sosial seperti Instagram, yang merupakan sebuah wadah untuk seseorang mengekspresikan diri sendiri dan melakukan aktifitas bersosialisasi di dunia maya. Hal ini membuat Instagram begitu berkembang dan maju karena penggunanya dari berbagai penjuru dunia.

Laporan Napoleon Cat menunjukkan, mayoritas atau 52,6% pengguna instagram di Indonesia adalah perempuan pada Mei 2021. Sedangkan, 47,4% pengguna Instagram lainnya adalah laki-laki. Dari kelompok usia 18-24 tahun, 19,3% pengguna Instagram di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 17% merupakan laki-laki. Di kelompok usia 25-34 tahun, pengguna Instagram di dalam negeri yang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki sama-sama sebesar 15,9%. Kemudian, ada 7,7% perempuan berusia 13-17 tahun di Indonesia yang menggunakan Instagram. Sebanyak 5,2% pengguna Instagram di kelompok usia tersebut merupakan laki-laki. Di kelompok usia 35-44 tahun, perempuan pengguna Instagram sebanyak 6% dan laki-laki 5,6%. Sedangkan, pengguna Instagram berjenis kelamin perempuan dari kelompok usia 45-54 tahun sebanyak 2,4% dan laki-laki 2,2% (databoks.katadata.co.id)

Di Indonesia sendiri, seseorang yang awalnya bukan selebgram lalu seketika terkenal di media sosial, apabila dapat memanfaatkan media sosial dengan benar maka banyak sekali manfaat dan hubungan sekaligus koneksi pertemanan yang didapat. Instagram memiliki dampak besar terhadap kehidupan masyarakat saat ini. Biasanya kalangan anak muda memanfaatkan Instagram untuk membentuk image diri, mencurahkan perasaan, dan juga manyampaikan kritik. Semua yang dilakukan anak muda ini agar dapat lebih di kenal dan juga diakui. Semua aktifitas yang dilakukan juga harus di post atau upload agar followers mengetahui apa yang sedang dilakukan.

Instagram merupakan media sosial yang begitu terkenal dikalangan anak muda dibandingkan dengan media sosial lainnya. Instagram masih menjadi media favorite pertama untuk para remaja dengan adanya fitur-fitur baru serta konten IG TV (Merdeka.com). Instagram tidak hanya sekedar tempat untuk mengekspresikan diri tapi banyak sekali yang memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan produk online shop.

Produk online shop dapat di post di Instagram untuk menarik perhatian pembeli dan di foto semenarik mungkin agar pembeli tertarik untuk membeli. Cara ini membantu para pebisnis online shop karena dapat mengunggah foto produk dan juga harganya. Platform Instagram juga mampu melahirkan selebriti Instagram. Selebgram ini memiliki kekuatan untuk mempengaruhi masyarakat, mempengaruhi ini ada beberapa macam salah satunya fashion, life style, food, and sport. Keseringan membuat konten yang unik dan juga menarik seperti fashion dan juga Food vlogger hanya dengan bermodalkan kamera agar menampilkan estetika foto yang baik. Banyak keuntungan yang didapat sebagai selebgram selain menjadi terkenal di kalangan masyarakat, selebgram juga mempunyai peluang yang begitu besar untuk medapatkan tawaran endorser dari online shop dan brand terkenal.

Pada ajang fashion tertentu seringkali para selebgram juga di undang untuk menjadi seorang bintang tamu dan jadi pembicara di event tersebut. Dengan peluang seperti ini tentu membuat para selebgram akan dikenal masyarakat luas. Selebgram yang sekarang lagi trending ialah Arief Muhammad, seorang Selebgram, Penulis, Blogger, Youtuber, Pengusaha, Aktor. Dikenal karena awalnya seorang penulis buku yang berjudul Pocong Juga Pocong. Postingan Arief Muhammad yang menjadi viral karena dinilai sangat hedonis, dianggap berlebihan. Beberapa ahli juga menjelaskan bagaimana pengertian hedonisme.

Burhanuddin (1997: 81) menjelaskan pengertian hedonisme adalah sesuatu yang dianggap baik, sesuai dengan kesenangan yang didatangkannya. Dengan kata lain, sesuatu yang hanya mendatangkan kesusahan, penderitaan, serta tidak menyenangkan merupakan sesuatu yang dinilai tidak baik.

Sedangkan menurut Collins Gem (1993: 97) pengertian hedonisme adalah sebuah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan merupakan hal yang paling penting di dalam hidup. Dengan kata lain, hedonisme merupakan suatu paham yang dianut oleh orang-orang yang mencari kesenangan hidup semata-mata.

Memahami Instagram bagaimana cara bekerja sama dengan setiap platform yang ada, cara menghasilkan content untuk mengembangkan potensi diri di platform seperti Instagram. Hampir semua kalangan masyarakat bisa dengan mudah menggunakan aplikasi yang disebut Instagram ini. Banyak sekali manfaatnya salah satunya ialah manfaat untuk para pebisnis guna membangun atau mengembangkan brand. Dengan adanya selebgram pebisnis online shop juga akan mudah untuk mendaptkan pelanggan dengan cara endorse selebgram seperti Arief Muhammad. Endorse ini merupakan bentuk promosi yang cukup halus bagi konsumen. Endorsement juga merupakan sebuah taktik yang cukup efektif untuk membantu kenaikan penjualan pebisnis online tersebut. Dengan adanya endorsement biasanya produk akan lebih dikenal masyarakat dan juga akan meningkatkan penjualan pebisnis online ini.

Hasil penelitian (Liu Rendan & Ayoung Suh, 2017: 13) dikatakan bahwa dalam instagram fitur tag people, hashtags, dan mention adalah cara efisien untuk meningkatkan hubungan baik dengan brand sehingga dapat menciptakan kolaborasi dan berkoneksi ke banyak orang sehingga meningkatkan eksistensi. Instagram adalah media sosial yang digunakan untuk menunjukkan brand image style bloggers atau selebgram.

Arief Muhammad membangun hubungan baik dengan followers dimedia sosial, salah satunya dengan cara penyampaian caption di Instagram yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari dan dapat di terima dimasyarakat luas. Citra diri yang baik di media sosial dan bermedia meyakini personal branding menjadi tolak ukur yang kuat untuk dianggap professional atau sebaliknya. Komunikasi begitu penting dalam personal branding.

Montoya (2002) dalam Rachmawati (2017:24) menyebutkan  bahwa personal  branding adalah proses   strategi   tentang   sengaja   mengendalikan bagaimana orang   lain   memandang   diri   dan mengelola persepsi tersebut secara strategis untuk membantu   untuk   mencapai   tujuan   yang   telah direncanakan  sebelumnya.

Persepsi merupakan proses penilaian individu atau kelompok terhadap suatu objek atau peristiwa dengan melibatkan pengalaman-pengalaman yang dilalui oleh masyarakat terhadap objek tersebut dengan melalui proses kognisi untuk membentuk objek tersebut. Persepsi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat yang mengetahui akun instagram @ariefmuhammad pada permainan ikoy-ikoyan yang dilakukan oleh Arief Muhammad di media sosial instagram. Persepsi adalah inti komunikasi, sedangkan penafsiran (interpretasi) inti persepsi dalam proses komunikasi dalam Mulyana (2007, hlm. 180). Menurut Desiderato dalam Rakhmat (2008, hlm.51) Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

Pada saat ini selebriti Instagram atau biasa disebut dengan selebgram sering sekali bermunculan setiap harinya, dengan membranding diri mereka masing-masing yang memiliki karakter dan keunikan. Biasanya untuk menjadi selebgram ini pastinya memiliki keunikan atau memiliki karakter tertentu untuk bisa dikenal masyarakat maka dari itu membranding diri itu begitu penting. Untuk membangun keunikan pada diri biasanya melalui personal branding yang baik itu yang paling penting bagi selebgram. Dalam personal branding membentuk identitas itu begitu penting agar memiliki ciri khas atau keunikan pada diri seseorang. Personal branding juga secara visual terbentuk dari bagaimana cara berpenampilan, bersikap dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu juga personal branding selalu dikaitkan dengan kualitas apa yang dimiliki dan kemampuan.

Perkembangan teknologi untuk sekarang ini semakin banyak persaingan dalam dunia maya apalagi dengan membranding diri sendiri. Oleh sebab itu perkembangan media sosial seperti Instagram ini digunakan sebagai sarana untuk mengekpresikan diri dan branding diri sendiri. Pada dasarnya orang menyadari bahwa menunjukan segala aktivitas di sosial media itu begitu penting, dimana seseorang ingin sekali pengakuan public atau seperti ingin di puji dan juga ingin terlihat fashionable, menjadi panutan sebagai pengusaha sukses dan juga hidup selalu berkecukupan. Keinginan untuk di apresiasi dari segi kemampuan dan kreatifitas. Pentingnya personal branding karena melalui personal branding inilah yang dapat menentukan seberapa terkenal seorang selebgram.

Personal branding merupakan sekilas yang tampak seperti pada akun Instagram @ariefmuhammad seorang pengusaha, content creator, blogger dan juga selebgram. Hal ini terlihat dari bagaimana dia mengunggah suatu postingan di Instagram ini. Seorang Arief Muhammad ia seorang selebgram terkenal, content creator dan juga pengusaha yang begitu terkenal. Mengenai Personal branding Arief Muhammad pencetus permainan ikoy-ikoyan. Ikoy-ikoyan ini adalah permainan yang sekarang juga diikuti oleh beberapa artis dan selebgram. Dengan adanya game ikoy-ikoyan ini akan sangat membantu bagi orang yang tidak mampu. Game ini merupakan semacam giveaway tapi ini bukan produk melainkan adalah uang untuk membantu seseorang yang tidak mampu, contohnya hanya mengirimkan pesan atau Direct Message kepada Arief Muhammad example ingin dibelikan sebuah laptop karena tidak mempunyai laptop. Dalam permaminan ini juga tidak semata-mata akan mendapatkan hadiah langsung tetapi juga akan dipilih pesan mana yang begitu menarik dan juga yang paling membutuhkan.

Personal branding selebgram satu ini memang tidak diragukan lagi. Sebenarnya kebanyakan dari masing-masing orang kurang mengetahui selebgram yang telah berhasil mengaitkan brand ternama dan juga brand yang  dimiliki sendiri. Strategi personal branding Arief Muhammad melalui ikoy-ikoyan yang sebenarnya ini akan menimbulkan antusias yang begitu tinggi. Arief Muhammad mempresentasikan dirinya terkait dengan citra yang sudah dimiliki melalui akun instagramnya.

Sekarang ini tentang ikoy-ikoyan begitu sering terlihat dan terdengar di media sosial khususnya di Instagram. Istilah ini dipopulerkan oleh seorang selebgram sekaligus youtuber Tanah air yaitu Arief Muhammad. Melalui postingan di Instagram, Arief mengajak para folllowers di Instagram untuk bermain yang nama nya ikoy-ikoyan. Permainan ini langsung viral di media sosial. Beberapa dari selebgram dan artis juga meramaikan permainan ini. Dan ada beberapa juga merasa risih dikarenakan para followers meminta dan ada yang memaksa artis dan selebgram lain untuk mengikuti trend permainan ikoy-ikoyan ini. Permainan ini digelar sebagai ajang untuk berbagi kepada orang-orang yang sedang membutuhkan pada saat pandemic seperti ini. Dan dalam permainan ini, Arief akan memebagikan rezeki kepada followersnya secara cuma-cuma.

Cara bermaian ikoy-ikoy ini begitu sederhana, Arief Muhammad hanya memilih Direct Message (DM) Instagram yang akan dipilih secara acak. Kemudian, beberapa orang yang terpilih ini akan diberikan hadiah berupa uang bernilai jutaan, puluhan juta sampai ratusan juta rupiah atau barang seperti hp,kulkas,tv hingga makanan. Awalnya hanya mengirimkan makanan dan itu sudah lama berbulan-bulan. Setelah itu kepikaran untuk memberikan sedikit uang dan itu menjadi ramai. Kepopuleran ikoy-ikoyan membuat rekan bisnis Arief Muhammad tertarik dan menjadi sponsor. Arief dimintan menghabiskan ratusan juta rupiah untuk dibagi-bagikan secara gratis kepada para pengikut atau followers. Cara ini dianggap sukses memberikan exposure besar diantara sebuah brand dan followers nya (Kompas.com 2021).

Permainan ikoy-ikoyan yang di ciptakan oleh selebgram Arief Muhammad ini berhasil mendorong banyak orang juga dalam mengikuti permainan ini banyak sekali yang ikut berbagi dan memainkan permainan ikoy-ikoyan ini. Berbagai kalangan artis, influencer, hingga pengusaha. Beberapa juga turut menggelar ikoy-ikoy di Instagram pribadi masing-masing. Namun juga ada yang menitipkan barang atau uang melalui Arief Muhammad. Dan uniknya masyarakat juga ketrigger untuk berbagi dan membagikan kebahagian untuk banyak orang. Komunikasi, sebagai suatu alat untuk mempengaruhi masyarakat dan akan mengubah sikap para penerimanya.

Beberapa interaksi tersebut menarik untuk diteliti lebih jauh mengenai persepsi masyarakat pengguna aktif media sosial seperti Instagram. Instagram sangat berpengaruh terhadap perkembangan abreviasi bahasa Indonesia. Abreviasi  tersebut lebih cenderung bersifat destruktif bahasa. Contoh penggunaan abreviasi atau kepanjangannya dalam media sosial Instagram yang diambil dari satu akun yang bernama @wanitasaleha. Terdapat unggahan yang berisi tentang kata yang dijadikan singkatan dan di plesetkan dari makna kata yang sebenarnya. Salah satunya yaitu kata TK merupakan bentuk singkatan dari tilawah konsisten. Sementara kata TK dalam bahasa Indonesia merupakan singkatan dari taman kanak-kanak. (Verlin, 2018).

Selain itu, terdapat banyak isu sosial yang terjadi di media sosial Instagram, salah satunya terjadi pada satu akun Instagram bernama @lambe_turah. akun ini merupakan akun gosip yang sangat terkenal di dunia maya. Akun ini menguak privasi orang tanpa memikirkan implikasi dan reaksi masyarakat menjadi masalah tersendiri. Instagram menjadi media yang sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial dan mental publik. (Juditha, 2018).

Personal   branding adalah   cara   yang   efektif   untuk   mengklarifikasi   apa   yang   membuat seseorang  berbeda,  khusus,  dalam  pandangan  orang  lain yang  mana  kualitas  tersebut  dapat membimbing  popularitas  atau  karier  seseorang  kedepannya. Personal  branding tidak  lain tentang  menggali atribut  yang  seseorang  miliki  seperti kekuatan, keterampilan dan kegemaran atau hasrat yang digunakan untuk menonjol dari orang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi masyarakat yang difokuskan peneliti pada follower Arief Muhammad mengenai personal branding  melalui ikoy-ikoyan. Beberapa artikel perbandingan nya adalah penelitian persepsi masyarakat berkaitan dengan Public Relations dengan adanya personal branding untuk menciptakan citra diri yang baik dan mempengaruhi persepsi publik tentang masyarakat. Public relations memiliki peranan penting dalam menjaga kesan yang positif. Penelitian yang diteliti berkaitan dengan Public Relations. Berbeda dengan penelitian lain ini merupakan penelitian yang harus diteliti karena membangun personal branding melalui permainan “ikoy-ikoyan” dan bagaimana persepsi masyarakat terhadap personal branding dan cara berkomunikasi selebgram Arief Muhammad kepada Followers.

Dari berbagai macam model penelitian yang ada, peneliti ingin mengupas bagaimana persepsi masyarakat tentang Selebgram Arief Muhammad membentuk personal branding melalui “ikoy-ikoyan”. Peneliti menggunakan studi deskriptif kualitatif, dengan menggunakan studi deskriptif kualitatif maka diharuskan untuk mengamati fenomena komunikasi, dengan merumuskan dengan tepat yang diteliti. Memilih objek penelitian persepsi masyarakat yang menjadi sasaran analisis

 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang diatas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat tentang Personal Branding Selebgram Arief Muhammad melalui ikoy-ikoyan?

 

C.    Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang Arief Muhammad dalam Personal Branding melalui “ikoy-ikoyan”

 

D.    Manfaat Penelitian

Penelitian ini memberikan memberikan beberapa manfaat, baik secara Teoritis, Praktis dan Sosial, yaitu :

1.      Manfaat Teoritis

a)      Secara Teoritis hasil penelitian ini dapat memperluas pengetahuan dan juga wawasan serta dapat bermanfaat untuk perkembangan personal branding di Instagram dan diharapkan teoritis ini bermanfaat bagi para peneliti khususnya di bidang Ilmu Komunikasi.

b)      Berguna untuk para peniliti dan pembaca lain bagaiamana cara Arief Muhammad memanfaatkan personal branding melalui ikoy-ikoyan

2.      Manfaat Praktis

Secara praktis, penelitian ini diharapkan untuk dapat dijadikan sebuah referensi bagi masyarakat bahwa personal branding bisa mempengaruhi citra diri Arief Muhammad di dalam media sosial.

a)      Manfaat Bagi Penulis

Penulis dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai personal branding serta dapat bermanfaat untuk perkembangan diri.

b)      Manfaat Bagi Pengguna Instagram

Diharapkan dapat menjadi acuan atau referensi bagi pengguna Instagram dalam berkreativitas dan membuat konten berbagi kebahagiaan.

c)      Manfaat Bagi Masyarakat

Dengan memiliki personal branding yang begitu kuat dalam seorang selebgram, tentunya akan memberikan pengaruh yang cukup besar  kepada masyarakat. Masyarakat di buat bangga dan mengapresiasi dengan citra baik yang di bangun.

3.      Manfaat Sosial

Secara sosial, penelitian ini bermanfaat bagi masyarakat dengan adanya membangun personal branding melalui ikoy-ikoyan maka manfaat yang di dapatkan begitu banyak dengan cara berbagi rezeki, memberikan hal positif, dan memicu masyarakat untuk berbuat baik.

 



                                                 KERANGKA DASAR TEORI

 

A.       Komunikasi Media Baru dan Media Sosial

Didalam kehidupan sehari-hari manusia tidak akan pernah lepas dengan yang namanya komunikasi. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada seseorang lainnya. Komunikasi begitu penting dalam kehidupan bersosial. Persuasi adalah proses yang bertujuan guna mengubah sikap ataupun perilaku orang lain dalam sebuah peristiwa, ide ataupun objek lainnya melalui bahasa verbal dan nonverbal yang didalamnya terdapat informasi, perasaan, dan penalaran. Sebuah proses yang kompleks dimana individu memilih untuk mengatur, dan menfasirkan informasai itu sendiri.

Komunikasi persuasif adalah proses komunikasi yang bertujuan mempengaruhi orang lain agar sependapat dengan pembicara. Komunikasi persuasif ini merupakan proses komunikasi yang menggunakan kata-kata persuasif dengan tujuan mempengaruhi pendengarnya sesuai keinginan komunikator (Tribunnews.com). Komunikasi persuasif juga bisa didapatkan melalui pengguna media baru.

Media baru adalah konsep yang menjelaskan mengenai kemampuan media yang mempunyai dukungan perangkat digital yang dapat mengakses konten apa saja, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi penerima atau pengguna lainnya untuk berpartisipasi aktif, interaktif, dan kreatif terhadap feedback pesan. New media atau media baru merupakan media yang menggunakan internet, media online berbasis teknologi, berkarakter fleksibel, berpotensi interaktif dan dapat berfungsi secara privat maupun secara public (Mcquails, 2011:3).

Aspek penting dari media baru ini adalah mengaharuskan adanya perangkat digital. Masyarakat dapat berpartisipasi untuk saling bertukar informasi. Semua media baru menunjukan bahwa semua yang disebut “media baru” itu kebaruan yang terletak pada teknologi yang mempunyai efek dari media yang ditentukan oleh teknologi itu sendiri. Media baru adalah media yang berbasis teknologi komputer sebagai platform distribusi suatu informasi yang melalui situs web. Media baru ini merupakan media pertukaran data digital yang dikendalikan oleh software.

Bahasa media baru ini juga didasarkan pada asumsi dengan semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital mengirimkan informasi berbasis komputer demi peningkatan kualitas informasi . Seiring perkembangan software komputer maka dari itu data-data dapat dimanipulasi dengan mudah. Media baru dapat menghasilkan estetika baru, karena media baru menyediakan strategi dan juga meningkatkan kualitas pada estetika konten. Artinya media dapat bermanfaat untuk merekam suatu momen pada penampilan realitas dan dapat mengubah kualitas dari data rekaman tersebut.

Tujuan dari media baru adalah untuk mengkonstruksi realitas yang direkayasa oleh sebuah media demi mendapatkan keuntungan secara finansial dari orang-orang menggunakan segala komiditi yang ditawarkan oleh media. Beberapa manfaat yang didapat dari penggunaan media baru :

a)                Media baru dapat diibaratkan sebagai sumber informasi sehingga manfaat ini dapat dapat dirasakan oleh pelajar maupun mahasiswa, dengan adanya media baru akan mempermudah dalam mengakses informasi yang akan dicari. Mempermudah dalam mendapatkan ebook atau jurnal online.

b)             Media baru juga sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat, adanya media surat elektronik maka akan mempermudah dalam bertukar informasi tanpa harus bertatap muka.

c)             Dengan kemunculan media baru ini dan jejring sosial yang dapat menghubungkan satu individu dengan individu lainnya walaupun tidak dalam lokasi yang sama.

d)             Media baru dapat digunakan sebagai tempat untuk berbisnis secara online.

e)             Media baru juga digunakan untuk mencari pekerjaan. Dan hal ini dapat mempermudah para pencari pekerjaan tanpa harus mendatangi suatu perusahaan, bahkan pada saat ini bisa melakukan tes masuk perusahaan secara online.

Media sosial merupakan sebuah sarana interaksi yang memiliki jumlah begitu besar melalui berbagi informasi dan membentuk suatu komunitas secara virtual. Media sosial muncul sebagai bagian dari perkembangan media baru. Perbedaan antara media sosial dan media baru dengan media lama antara lain perbedaan dari segi kualitas, jangkauan, frrekuensi, kedekatan, kegunaan, dan sifatnya permanen, contohnya adalah internet. Sebagian besar yang memberikan kritik terhadap media sosial yaitu tentang ekslusivitas situs, kesenjangan informasi yang tersedia, masalah kepercayaan dan keandalan informasi yang disajikan, konsentrasi konten, kepemilikan konten, dan makna yang diciptakan media sosial dalam berinteraksi.

Media sosial memiliki efek yang positif tidak semuanya negative, karena media sosial juga memungkinkan untuk individu mengiklankan diri mereka sendiri. Media sosial seiring berjalannya waktu dan perkembangan maka definisi dari media sosial dapat berubah dikarenakan pengguna media sosial itu sendiri. Hal ini didukung dengan adanya fakta dari media sosial itu sendiri yang berkaitan pada teknologi dan platform yang memungkinkan pembuatan konten interaktif sehingga media sosial dapat berkolaborasi dan saling bertukar pesan dan informasi satu sama lain.

Media sosial adalah media yang dapat mengubah pasar media itu sendiri dari komunikasi monologis menjadi komunikasi dialogis, ini terjadi karena dimedia sosial menyediakan platform online bagi pengguna yang berpartisipasi aktif secarab interaktif. Misalnya adalah orang dapat terhubung dengan individu,  kelompok, atau organisasi lain yang mempunyai pengetahuan tertentu. Media sosial juga dapat membantu seseorang untuk memahami apa yang orang katakana tentang merk ataupun produk lainnya. Melalui media sosial maka para pengguna dapat berinteraksi dan juga berpartisipasi aktif secara terbuka menyampaikan, menerima dan mendisukusikan ide-ide baru sebagai dasar pembuatan keputusan bisnis yang lebih baik (Sally Falkow).

Semua manusia mempunyai kebutuhan sosial seperti berinteraksi dan terhubung satu sama lain. Media sosial juga sebagai alat komunikasi yang dikembangkan untuk membantu orang dalam memenuhi kebutuhan itu. Dengan adanya media sosial dapat memberikan wawasan, pengalaman dan opini yang lain dan dapat berbagi perspektif. Hampir semua orang berpatisipasi membentuk jaringan media sosial, tidak ada seorangpun yang tidak berpartisipasi dalam satu atau jenis media sosial.

Fungsi media sosial, media sosial adalah media yang didesain untuk memperluas interaksi sosial manusia menggunakan internet dan teknologi web. Media sosial berhasil mentrasformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu intitusi media ke banyak audience (one to many) menjadi sebuah praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many). (Merdeka.com)

Media sosial berkembang dengan pesatnya menjadi media Public Relations (kehumasan) baru dalam masyarakat dan mengubah berbagai hal. Media sosial menjadi tantangan bahwa dampak negatif bermunculan. Tantangan dalam media sosial adalah kurangnya penyampaian pesan yang tidak dilakukan secara langsung  karena tidak melihat langsung bagaimana feedback dari audience. Bisa terjadi kesalahpahaman apabila penyampaian pesan melalui tulisan. Citra diri dalam kehidupan media sosial juga begitu penting karena bagaimana cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri. Citra diri ini adalah gambaran mengenai diri yang dibuat individu melalui penampilan diri dan perasaan yang menyertainya berdasarkan penilaian dari diri sendiri maupun pandangan orang lain terhadap dirinya.

 

B.     Instagram Sebagai Media Baru

Instagram merupakan salah satu bentuk kemajuan internet dan tergolong media sosial yang cukup digandrungi oleh khakayak masa kini. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan meningkatnya pengguna Instagram pada setiap harinya. Terhitung pada April 2017 lalu, Instagram mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanannya telah mencapai kisaran 800 juta akun dan angka tersebut banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Yusuf, 2017).

Berbeda dengan media sosial lainnya, Instagram begitu banyak penggunanya karena kebanyakan khalayak posting foto dan video. Keunikan Instagram ini yang membuat Instagram berbeda dengan media sosial lainnya. Instagram juga sering memperbaharui sistemnya. Sejak kemunculan Instagram pada tahun 2010 silam, Instagram sering memperbaharui fitur yang sehingga fiturnya lebih menarik dan lengkap. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di instagaram pada saat ini:

a)        Pengikut (Follower) dan Mengikuti (Following)

Sistem sosial di Instagram ini adalah dengan menjadi pengikut dan mengikuti akun pengguna lainnya, demikian sebaliknya dengan memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian untuk menjalin komunikasi begitu mudah. Untuk menemukan teman-teman di Instagram bisa ketik di bagian search username di following atau follower.

b)        Posting Foto/Video dengan Caption

Kegunaan Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah foto dan video kepada pengguna lainnya. Di Instagram dapat berbagi foto atau video maksimal 10 file dalam 1x post di Instagram. Untuk video memiliki durasi waktu 1 menit yang dapat di unggah. Biasanya sebelum mengunggah foto atau video para pengguna Instagram memberikan keterangan mengenai foto tersebut atau biasa disebut caption.

c)        Efek (Filter)

Filter pada versi awalnya memiliki efek-efek yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat menyunting sebuah foto. Di dalam pengaplikasian efek, pengguna dapat menyunting foto seperti mengatur warna di dalam foto tersebut.

d)        Label foto (Hashtag)

Sebuah foto yang diunggah dan diberikan sebuah hashtag atau label foto itu akan memudahkan para pengguna untuk mencari foto tersebut dengan menggunakan kata kunci. Demikian para pengguna memberikan label atau hashtag pada foto atau video yang di unggah. Label dapat digunakan dalam bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan foto. Para pengguna dapat memasukan nama sendiri, tempat dimana mengambil foto tersebut.

e)        Tanda suka

Instagram memiliki sebuah fitur tanda suka dan fungsinya untuk menandakan bahwa pengguna menyukai foto atau video yang diunggah.

f)         Instastory

Instastory adalah singkatan dari Instagram stories. Instastory salah satu fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk membagikan foto ayau video yangakan terhapus dalam waktu 24 jam setelahnya. Didalam fitur instastory juga terdapat efek-efek yang bagus dan lucu.

g)        Arsip Foto

Fitur ini berfungsi sebagai media pribadi atau album pribadi. Pengguna dapat membagikan foto dan video yang hanya bisa dilihat sendiri.

h)        Closefriend

Fitur ini, pengguna dapat membagikan foto atau video di insastory yang hanya bisa diakses oleh pengguna yang dipilih sebagai “closefriend”.

 

i)         Siaran Langsung

Fitur ini memungkin para pengguna untuk melakukan siaran video secara langsung tanpa berbatas waktu yang bisa ditonton follower atau pengikutnya.

j)         IGTV

Fitur ini adalah memungkin pengguna untuk menggunggah video lebih dari 1 mwnit namun ini tidak tampil di feed profil unggahan, melainkan di igtv itu sendiri.

               Pada fitur diatas ini, Instagram dapat dijadikan sebagai pengganti album foto dan video. Setiap unggahan di Instagram tidak ada Batasan waktu. Pengguna dapat melihat foto atau video yang di posting walaupun sudah cukup lama. Selain itu Instagram juga merupakan salah satu mendorong perkembangan didalam bidang industri pemasaran. Banyak sekali yang memanfaatkan Instagram ini sebagai media promosi untuk barang ataupun jasa yang ditawarkan.

Instagram juga tidak hanya untuk komunikasi sesama teman melainkan dapat promosi online shop dan sebagai media hiburan juga. Instagram juga tempat penyampaian dan membagikan informasi. Adapun pengguna yang memanfaatkan Instagram untuk membagikan video lucu, berita asrtis atau fenomena kehidupan sehari-hari yang dijalani. Fungsi Instagram sebagai berikut:

a)        Interaksi antara pengguna Instagram ini tentunya fungsi utama dari setiap aplikasi media sosial. Sebelumnya dinyatakan bahwa interaksi spesifik Instagram dapat melalui berbagi foto atau video dan mengirim pesan (DM).

b)        Rekomendasi Tempat Liburan

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar foto atau video yang dibagikan di Instagram memberikan informasi dan keindahan tujuan wisata. Semua orang menginginkan perjalanan liburan yang diambil dalam foto atau video dan kemudian dibagikan di Instagram.

c)        Mencari dan berbagi informasi atau ilmu pengetahuan, tentu saja diantara banyak pengguna Instagram tentu menemukan akun non-pribadi / akun khusus menyampaikan informasi atau keahlian di bidang tertentu.

 

C.    Konsep Persepsi

Persepsi adalah suatu proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indra atau juga disebut proses sensoris. Stimulus tersebut akan diteruskan dan proses selanjutnya merupakan proses persepsi. (Walgito, 2010).

Persepsi adalah suatu proses identifikasi sesuatu dengan menggunakan panca indra. Persepsi merupakan peran yang sangat penting dalam keberhasilan komunikasi. Artinya, kecermatan dalam mempersepsikan stimuli indrawi mengantarkan kepada keberhasilan komunikasi. Sebaliknya, kegagalan dalam mempersepsi stimulus, menyebabkan mis-komunikasi (Suranto, 2011).

Persepsi merupakan salah satu aspek psikologis yang penting bagi manusia dalam merespon kehadiran berbagai aspek disekitarnya. Persepsi juga mengandung pengertian yang luas, menyangkut intern dan ekstern. Berbagai ahli juga memberikan definisi yang beragam tentang persepsi, walaupun pada prinsipnya mengandung makna yang sama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, persepsi adalah tanggapan (penerimaan) langsug dari sesuatu.

Setiap orang mempunyai kecenderungan dalam melihat benda yang sama tapi dengan cara yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi dari berbagai faktor, diantaranya adalah pengetahuan, pengalaman, dan sudut pandangnya. Perspsi juga bertautan dengan dengan cara pandang seseorang terhadap suatu objek tertentu dengan cara yang berbeda-beda, dengan menggunakan alat indera yang dimiliki, kemudian berusaha menafsirkannya.

Persepsi juga ada yang positif dan negatif ibarat file yang sudah tersimpan rapi didalam alam pikiran bawah sadar. File itu akan segera muncul ketika ada stimulus yang memincunya, ada kejadian yang membukanya. Persepsi merupakan hasil kerja otak dalam memahami atau menilai suatu hal yang terjadi disekitarnya (Waidi, 2006:118). Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Persepsi ialah memberikan makna pada stimulus indrawi (sensory stimuli).

 

D.    Konsep Personal Branding

1.         Pentingnya Personal Branding

Personal Branding adalah strategi untuk membangun brand atau citra kepada orang lain. Personal branding berhubungan dengan image dan reputasi. Image bisa dilihat dari apa yang seseorang katakan, kenakan, Bahasa tubuh, kepribadian, serta cara seseorang tersebut memperlakukan orang lain. Reputasi berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman unik yang seseorang miliki. Seseorang yang memiliki pengetahuan luas, keterampilan, serta banyak pengalaman cenderung memiliki reputasi baik di masyarakat. Image dan reputasi inilah yang menjadi brand value.

Menurut William Arruda (2007) dalam Rampersad (2008:8) personal branding berarti mengidentifikasikan dan mengkomunikasikan apa yang membuat seseorang itu unik, relevan, dan menarik sehinnga dapat membedakan diri dari orang lain dan meningkatkan karier atau bisnis orang tersebut. Personal Branding adalah tentang pengaruh atau kemampuan untuk mempengaruhi keputusan dan tingkah laku seseorang. Beberapa keuntungan dari Great Personal Brand adalah menjadi “top of mind”, meningkatkan wewenang dan kepercayaan dalam keputusan, menempatkan diri dalam peran leadership, mendaptkan pengakuan dan membuat mencapai tujuan.

Personal branding suatu proses pembentukan persepsi masyarakat atau public terhadap suatu aspek yang dimiliki seseorang. Aspek ini juga meliputi kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam diri individu. Dengan adanya personal branding akan lebih leluasa untuk berkreasi di bidang kreatif, meningkatkan kredibilitas dan hubungan baik pada orang sekitar, dan tentunya menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara di endorse. Dalam membentuk personal branding harus memiliki keunikan.

2.         Manfaat Personal Branding

Berikut ada beberapa manfaat personal branding :

a)      Seseorang akan dipandang sebagai ahli atau expert pada bidang tertentu atau yang ditekuni.

b)      Reputasi dan pengaruh terhadap oramg sekitar meningkat.

c)      Seseorang akan mendapatkan penghargaan dari orang sekitar.

d)      Mendapatkan berbagai hal positif juga akan meningkat.

e)      Meraih kesuksesan dalam karir.

3.         Cara Membangun Personal Branding

Membangun personal branding salah satunya dengan cara mengenali diri dan itu hal yang mutlak. Setelah mengenali diri maka akan bisa menentukan value atau nilai. Value yang dimaksud dalam hal ini adalah prinsip hidup yang paling penting. Value juga dapat berupa ajaran moral dan arahan cita-cita. Ada beberapa metode agar dapat membantu mengenal diri lebih banyak lagi, sebagai berikut :

a)      Mencari tahu apa yang dibutuhkan

b)      Mencari tahu bakat yang dimiliki

c)      Mencari tahu minat

 

E.       Teori   Media (medium theory) dan Personal Branding

Teori media menyatakan bahwa produksi media merespon perkembangan sosial dan kemudian mempengaruhi perkembangan tersebut. Mempengaruhi bagaimana berpikir dan merespon pada dunia. Konsep dasar teori ini pertama kali dikemukakan oleh Marshall McLuhan dan Harold Innis (1994). McLuhan menyatakan bahwa Medium is the message atau media adalah pesan. Ide McLuhan yang paling terkenal adalah saluran sebagai kekuatan dominan yang harus dipahami untuk mengetahui bagaimana media mempengaruhi masyarakat.

McLuhan menyatakan bahwa orang-orang beradaptasi terhadap lingkungannya melalui berbagai macam keseimbangan atau rasio indrawi, dan media juga saat ini utamanya mempengaruhi persepsi masyarakat. Dalam media tentunya berkaitan dengan personal branding dengan konsep kepemimpinan (the law of leadership) menurut Montaya, pada dasarnya orang ingin dipengaruhi. Mereka menginginkan sosok pemimpin, yakni seseorang yang dapat menghilangkan rasa ketidakpastian dan menawarkan mereka kejelasan. Membentuk unsur kepimpinan tidak berarti individu harus menjadi yang terbaik dalam semua bidang. Dalam personal branding sangat diperlukan menjadi seorang pemimpin karena untuk mempengaruhi pengguna media dengan menampilkan citra yang baik.

 Personal branding di media sosial begitu penting karena persaingan di dunia, terutama dalam karir, semakin banyak orang berlomba untuk menunjukan keunikan dan kelebihan diri. Personal branding merupakan sesuatu yang dapat menunjang karir maupun kehidupan sosial. Dalam hal ini personal branding di media sosial dapat menyesuaikan persepsi orang lain dengan cara membentuk citra diri yang diinginkan. Mempunyai relasi yang luas terhubung dengan orang professional yang mempunyai peminatan yang sama. Dapat membangun kepercayaan, memudahkan dalam kariri, dan dapat belajar banyak hal.
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar