PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERSONAL BRANDING SELEBGRAM
A.
Latar Belakang
Selebritis Instagram atau Selebgram biasanya memiliki banyak Followers
atau penggemar di Instagram, karena memiliki foto atau video yang
menarik dan sehingga
disukai masyarakat. Selebgram ini berkaitan dengan platform media sosial
seperti Instagram, yang merupakan sebuah wadah untuk seseorang
mengekspresikan diri sendiri dan melakukan aktifitas bersosialisasi di dunia
maya. Hal ini membuat Instagram begitu berkembang dan maju karena
penggunanya dari berbagai penjuru dunia.
Laporan Napoleon Cat
menunjukkan, mayoritas atau 52,6% pengguna instagram di Indonesia adalah perempuan pada Mei
2021. Sedangkan, 47,4% pengguna Instagram lainnya adalah laki-laki. Dari kelompok usia 18-24 tahun, 19,3%
pengguna Instagram di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 17%
merupakan laki-laki. Di kelompok usia 25-34 tahun, pengguna Instagram di
dalam negeri yang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki sama-sama sebesar
15,9%. Kemudian, ada
7,7% perempuan berusia 13-17 tahun di Indonesia yang menggunakan Instagram.
Sebanyak 5,2% pengguna Instagram di kelompok usia tersebut merupakan
laki-laki. Di kelompok usia
35-44 tahun, perempuan pengguna Instagram sebanyak 6% dan laki-laki
5,6%. Sedangkan, pengguna Instagram berjenis kelamin perempuan dari
kelompok usia 45-54 tahun sebanyak 2,4% dan laki-laki 2,2% (databoks.katadata.co.id)
Di Indonesia sendiri, seseorang yang awalnya bukan selebgram lalu
seketika terkenal di media sosial, apabila dapat memanfaatkan media
sosial dengan benar
maka banyak sekali manfaat dan hubungan sekaligus koneksi pertemanan yang didapat.
Instagram memiliki dampak besar terhadap kehidupan masyarakat saat ini. Biasanya kalangan anak
muda memanfaatkan Instagram untuk membentuk image diri, mencurahkan
perasaan, dan juga manyampaikan kritik. Semua yang dilakukan anak muda ini agar
dapat lebih di kenal dan juga diakui. Semua aktifitas yang dilakukan juga harus
di post atau upload agar followers mengetahui apa yang
sedang dilakukan.
Instagram merupakan media sosial yang begitu
terkenal dikalangan anak muda dibandingkan dengan media sosial lainnya. Instagram
masih menjadi media favorite pertama untuk para remaja dengan adanya
fitur-fitur baru serta konten IG TV (Merdeka.com). Instagram tidak hanya
sekedar tempat untuk mengekspresikan diri tapi banyak sekali yang memanfaatkan Instagram
untuk mempromosikan produk online shop.
Produk online shop dapat
di post di Instagram untuk menarik perhatian pembeli dan di foto
semenarik mungkin agar pembeli tertarik untuk membeli. Cara ini membantu para
pebisnis online shop karena dapat mengunggah foto produk dan juga harganya.
Platform Instagram juga mampu melahirkan selebriti Instagram. Selebgram
ini memiliki kekuatan untuk mempengaruhi masyarakat, mempengaruhi ini ada
beberapa macam salah satunya fashion, life style, food, and sport. Keseringan
membuat konten yang unik dan juga menarik seperti fashion dan juga Food
vlogger hanya dengan bermodalkan kamera agar menampilkan estetika foto yang
baik. Banyak keuntungan yang didapat sebagai selebgram selain menjadi terkenal
di kalangan masyarakat, selebgram juga mempunyai peluang yang begitu besar
untuk medapatkan tawaran endorser dari online shop dan brand terkenal.
Pada ajang fashion
tertentu seringkali para selebgram juga di undang untuk menjadi seorang bintang
tamu dan jadi pembicara di event tersebut. Dengan peluang seperti ini tentu
membuat para selebgram akan dikenal masyarakat luas. Selebgram yang sekarang
lagi trending ialah Arief Muhammad, seorang Selebgram, Penulis, Blogger,
Youtuber, Pengusaha, Aktor. Dikenal karena awalnya seorang penulis buku yang
berjudul Pocong Juga Pocong. Postingan Arief Muhammad yang menjadi viral karena
dinilai sangat hedonis, dianggap berlebihan. Beberapa ahli juga menjelaskan bagaimana pengertian
hedonisme.
Burhanuddin (1997: 81)
menjelaskan pengertian hedonisme adalah sesuatu yang dianggap baik, sesuai
dengan kesenangan yang didatangkannya. Dengan kata lain, sesuatu yang hanya
mendatangkan kesusahan, penderitaan, serta tidak menyenangkan merupakan sesuatu
yang dinilai tidak baik.
Sedangkan menurut Collins
Gem (1993: 97) pengertian hedonisme adalah sebuah doktrin yang menyatakan bahwa
kesenangan merupakan hal yang paling penting di dalam hidup. Dengan kata lain,
hedonisme merupakan suatu paham yang dianut oleh orang-orang yang mencari
kesenangan hidup semata-mata.
Memahami Instagram bagaimana cara bekerja sama dengan setiap
platform yang ada, cara menghasilkan content untuk mengembangkan potensi
diri di platform seperti Instagram. Hampir semua kalangan masyarakat
bisa dengan mudah menggunakan aplikasi yang disebut Instagram ini.
Banyak sekali manfaatnya salah satunya ialah manfaat untuk para pebisnis guna
membangun atau mengembangkan brand. Dengan adanya selebgram pebisnis online
shop juga akan mudah untuk mendaptkan pelanggan dengan cara endorse
selebgram seperti Arief Muhammad. Endorse ini merupakan bentuk promosi yang
cukup halus bagi konsumen. Endorsement juga merupakan sebuah taktik yang cukup
efektif untuk membantu kenaikan penjualan pebisnis online tersebut.
Dengan adanya endorsement biasanya produk akan lebih dikenal masyarakat dan
juga akan meningkatkan penjualan pebisnis online ini.
Hasil penelitian
(Liu Rendan & Ayoung Suh, 2017: 13) dikatakan bahwa dalam instagram fitur
tag people, hashtags, dan mention adalah cara efisien untuk meningkatkan
hubungan baik dengan brand sehingga dapat menciptakan kolaborasi dan berkoneksi
ke banyak orang sehingga meningkatkan eksistensi. Instagram adalah media sosial
yang digunakan untuk menunjukkan brand image style bloggers atau selebgram.
Arief Muhammad membangun hubungan baik dengan followers dimedia
sosial, salah satunya dengan cara penyampaian caption di Instagram
yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari dan dapat di terima
dimasyarakat luas. Citra diri yang baik di media sosial dan bermedia meyakini
personal branding menjadi tolak ukur yang kuat untuk dianggap professional
atau sebaliknya. Komunikasi begitu penting dalam personal branding.
Montoya (2002) dalam
Rachmawati (2017:24) menyebutkan bahwa personal
branding adalah proses
strategi tentang sengaja
mengendalikan bagaimana orang
lain memandang diri
dan mengelola persepsi tersebut secara strategis untuk membantu untuk
mencapai tujuan yang
telah direncanakan sebelumnya.
Persepsi merupakan
proses penilaian individu atau kelompok terhadap suatu objek atau peristiwa
dengan melibatkan pengalaman-pengalaman yang dilalui oleh masyarakat terhadap
objek tersebut dengan melalui proses kognisi untuk membentuk objek tersebut. Persepsi yang dimaksud dalam
penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat yang mengetahui akun instagram
@ariefmuhammad pada permainan ikoy-ikoyan yang dilakukan oleh Arief Muhammad di
media sosial instagram. Persepsi adalah inti komunikasi, sedangkan penafsiran (interpretasi)
inti persepsi dalam proses
komunikasi dalam Mulyana (2007, hlm. 180). Menurut Desiderato dalam Rakhmat
(2008, hlm.51) Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau
hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan
pesan.
Pada saat ini selebriti Instagram atau biasa disebut dengan
selebgram sering sekali bermunculan setiap harinya, dengan membranding diri
mereka masing-masing yang memiliki karakter dan keunikan. Biasanya untuk
menjadi selebgram ini pastinya memiliki keunikan atau memiliki karakter
tertentu untuk bisa dikenal masyarakat maka dari itu membranding diri
itu begitu penting. Untuk membangun keunikan pada diri biasanya melalui personal
branding yang baik itu yang paling penting bagi selebgram. Dalam personal
branding membentuk identitas itu begitu penting agar memiliki ciri khas
atau keunikan pada diri seseorang. Personal branding juga secara visual terbentuk
dari bagaimana cara berpenampilan, bersikap dan berinteraksi dengan lingkungan
sekitarnya. Selain itu juga personal branding selalu dikaitkan dengan
kualitas apa yang dimiliki dan kemampuan.
Perkembangan teknologi untuk sekarang ini semakin banyak persaingan
dalam dunia maya apalagi dengan membranding diri sendiri. Oleh sebab itu
perkembangan media sosial seperti Instagram ini digunakan sebagai sarana
untuk mengekpresikan diri dan branding diri sendiri. Pada dasarnya orang
menyadari bahwa menunjukan segala aktivitas di sosial media itu begitu penting,
dimana seseorang ingin sekali pengakuan public atau seperti ingin di
puji dan juga ingin terlihat fashionable, menjadi panutan sebagai pengusaha
sukses dan juga hidup selalu berkecukupan. Keinginan untuk di apresiasi dari
segi kemampuan dan kreatifitas. Pentingnya personal branding karena
melalui personal branding inilah yang dapat menentukan seberapa terkenal
seorang selebgram.
Personal branding merupakan sekilas yang tampak
seperti pada akun Instagram @ariefmuhammad seorang pengusaha, content
creator, blogger dan juga selebgram. Hal ini terlihat dari bagaimana dia
mengunggah suatu postingan di Instagram ini. Seorang Arief Muhammad ia seorang
selebgram terkenal, content creator dan juga pengusaha yang begitu terkenal. Mengenai
Personal branding Arief Muhammad pencetus permainan ikoy-ikoyan. Ikoy-ikoyan
ini adalah permainan yang sekarang juga diikuti oleh beberapa artis dan
selebgram. Dengan adanya game ikoy-ikoyan ini akan sangat membantu bagi orang
yang tidak mampu. Game ini merupakan semacam giveaway tapi ini bukan produk
melainkan adalah uang untuk membantu seseorang yang tidak mampu, contohnya
hanya mengirimkan pesan atau Direct Message kepada Arief Muhammad example
ingin dibelikan sebuah laptop karena tidak mempunyai laptop. Dalam permaminan
ini juga tidak semata-mata akan mendapatkan hadiah langsung tetapi juga akan
dipilih pesan mana yang begitu menarik dan juga yang paling membutuhkan.
Personal branding selebgram satu ini memang tidak
diragukan lagi. Sebenarnya kebanyakan dari masing-masing orang kurang
mengetahui selebgram yang telah berhasil mengaitkan brand ternama dan juga
brand yang dimiliki sendiri. Strategi personal
branding Arief Muhammad melalui ikoy-ikoyan yang sebenarnya ini akan
menimbulkan antusias yang begitu tinggi. Arief Muhammad mempresentasikan
dirinya terkait dengan citra yang sudah dimiliki melalui akun instagramnya.
Sekarang ini tentang ikoy-ikoyan begitu sering terlihat dan terdengar di
media sosial khususnya di Instagram. Istilah ini dipopulerkan oleh
seorang selebgram sekaligus youtuber Tanah air yaitu Arief Muhammad. Melalui
postingan di Instagram, Arief mengajak para folllowers di Instagram
untuk bermain yang nama nya ikoy-ikoyan. Permainan ini langsung viral di
media sosial. Beberapa dari selebgram dan artis juga meramaikan permainan ini.
Dan ada beberapa juga merasa risih dikarenakan para followers meminta dan ada
yang memaksa artis dan selebgram lain untuk mengikuti trend permainan
ikoy-ikoyan ini. Permainan ini digelar sebagai ajang untuk berbagi kepada
orang-orang yang sedang membutuhkan pada saat pandemic seperti ini. Dan dalam
permainan ini, Arief akan memebagikan rezeki kepada followersnya secara
cuma-cuma.
Cara bermaian ikoy-ikoy ini begitu sederhana, Arief Muhammad hanya
memilih Direct Message (DM) Instagram yang akan dipilih secara acak.
Kemudian, beberapa orang yang terpilih ini akan diberikan hadiah berupa uang
bernilai jutaan, puluhan juta sampai ratusan juta rupiah atau barang seperti
hp,kulkas,tv hingga makanan. Awalnya hanya mengirimkan makanan dan itu sudah
lama berbulan-bulan. Setelah itu kepikaran untuk memberikan sedikit uang dan
itu menjadi ramai. Kepopuleran ikoy-ikoyan membuat rekan bisnis Arief Muhammad
tertarik dan menjadi sponsor. Arief dimintan menghabiskan ratusan juta rupiah
untuk dibagi-bagikan secara gratis kepada para pengikut atau followers.
Cara ini dianggap sukses memberikan exposure besar diantara sebuah brand dan followers
nya (Kompas.com 2021).
Permainan ikoy-ikoyan yang di ciptakan oleh selebgram Arief Muhammad ini
berhasil mendorong banyak orang juga dalam mengikuti permainan ini banyak
sekali yang ikut berbagi dan memainkan permainan ikoy-ikoyan ini. Berbagai
kalangan artis, influencer, hingga pengusaha. Beberapa juga turut menggelar
ikoy-ikoy di Instagram pribadi masing-masing. Namun juga ada yang menitipkan
barang atau uang melalui Arief Muhammad. Dan uniknya masyarakat juga ketrigger
untuk berbagi dan membagikan kebahagian untuk banyak orang. Komunikasi,
sebagai suatu alat untuk mempengaruhi masyarakat dan akan mengubah sikap para
penerimanya.
Beberapa interaksi tersebut menarik untuk diteliti lebih jauh mengenai
persepsi masyarakat pengguna aktif media sosial seperti Instagram. Instagram sangat berpengaruh terhadap perkembangan
abreviasi bahasa Indonesia. Abreviasi tersebut lebih cenderung bersifat destruktif bahasa.
Contoh penggunaan abreviasi atau kepanjangannya dalam media sosial Instagram
yang diambil dari satu akun yang bernama @wanitasaleha. Terdapat unggahan yang
berisi tentang kata yang dijadikan singkatan dan di plesetkan dari makna kata
yang sebenarnya. Salah satunya yaitu kata TK merupakan bentuk singkatan dari
tilawah konsisten. Sementara kata TK dalam bahasa Indonesia merupakan singkatan
dari taman kanak-kanak. (Verlin, 2018).
Selain
itu, terdapat banyak isu
sosial yang terjadi di media sosial Instagram, salah satunya terjadi pada satu
akun Instagram bernama @lambe_turah. akun ini merupakan akun gosip yang sangat
terkenal di dunia maya. Akun ini menguak privasi orang tanpa memikirkan
implikasi dan reaksi masyarakat menjadi masalah tersendiri. Instagram menjadi
media yang sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial dan mental publik.
(Juditha, 2018).
Personal branding adalah cara
yang efektif untuk
mengklarifikasi apa yang
membuat seseorang berbeda, khusus,
dalam pandangan orang
lain yang mana
kualitas tersebut dapat membimbing popularitas
atau karier seseorang
kedepannya. Personal branding tidak lain tentang
menggali atribut yang seseorang
miliki seperti kekuatan,
keterampilan dan kegemaran atau
hasrat yang digunakan untuk menonjol dari orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi masyarakat yang
difokuskan peneliti pada follower Arief Muhammad mengenai personal
branding melalui ikoy-ikoyan.
Beberapa artikel perbandingan nya adalah penelitian persepsi masyarakat
berkaitan dengan Public Relations dengan adanya personal branding untuk
menciptakan citra diri yang baik dan mempengaruhi persepsi publik tentang
masyarakat. Public relations memiliki peranan penting dalam menjaga
kesan yang positif. Penelitian yang diteliti berkaitan dengan Public Relations.
Berbeda dengan penelitian lain ini merupakan penelitian yang harus diteliti
karena membangun personal branding melalui permainan “ikoy-ikoyan” dan
bagaimana persepsi masyarakat terhadap personal branding dan cara berkomunikasi
selebgram Arief Muhammad kepada Followers.
Dari berbagai macam model penelitian yang ada, peneliti ingin mengupas
bagaimana persepsi masyarakat tentang Selebgram Arief Muhammad membentuk personal
branding melalui “ikoy-ikoyan”. Peneliti menggunakan studi deskriptif
kualitatif, dengan menggunakan studi deskriptif kualitatif maka diharuskan
untuk mengamati fenomena komunikasi, dengan merumuskan dengan tepat yang
diteliti. Memilih objek penelitian persepsi masyarakat yang menjadi sasaran
analisis
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang
diatas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
persepsi masyarakat tentang Personal Branding Selebgram Arief Muhammad melalui
ikoy-ikoyan?
C. Tujuan
Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
masyarakat tentang Arief Muhammad dalam Personal Branding melalui “ikoy-ikoyan”
D. Manfaat
Penelitian
Penelitian ini memberikan
memberikan beberapa manfaat, baik secara Teoritis, Praktis dan Sosial, yaitu :
1. Manfaat
Teoritis
a) Secara
Teoritis hasil penelitian ini dapat memperluas pengetahuan dan juga wawasan
serta dapat bermanfaat untuk perkembangan personal branding di Instagram dan
diharapkan teoritis ini bermanfaat bagi para peneliti khususnya di bidang Ilmu
Komunikasi.
b) Berguna
untuk para peniliti dan pembaca lain bagaiamana cara Arief Muhammad
memanfaatkan personal branding melalui ikoy-ikoyan
2. Manfaat
Praktis
Secara
praktis, penelitian ini diharapkan untuk dapat dijadikan sebuah referensi bagi
masyarakat bahwa personal branding bisa mempengaruhi citra diri Arief
Muhammad di dalam media sosial.
a) Manfaat
Bagi Penulis
Penulis dapat menambah wawasan
dan pengetahuan mengenai personal branding serta dapat bermanfaat untuk
perkembangan diri.
b) Manfaat
Bagi Pengguna
Instagram
Diharapkan dapat menjadi acuan
atau referensi bagi pengguna Instagram dalam berkreativitas dan membuat
konten berbagi kebahagiaan.
c) Manfaat
Bagi Masyarakat
Dengan memiliki personal
branding yang begitu kuat dalam seorang selebgram, tentunya akan
memberikan pengaruh yang cukup besar
kepada masyarakat. Masyarakat di buat bangga dan mengapresiasi dengan
citra baik yang di bangun.
3. Manfaat
Sosial
Secara sosial, penelitian ini bermanfaat bagi
masyarakat dengan adanya membangun personal branding melalui ikoy-ikoyan maka manfaat
yang di dapatkan begitu banyak dengan cara berbagi rezeki, memberikan hal
positif, dan memicu masyarakat untuk berbuat baik.
KERANGKA DASAR TEORI
A. Komunikasi
Media Baru dan Media Sosial
Didalam kehidupan sehari-hari manusia tidak akan
pernah lepas dengan yang namanya komunikasi. Komunikasi adalah proses penyampaian
suatu pesan oleh seseorang kepada seseorang lainnya. Komunikasi begitu penting
dalam kehidupan bersosial. Persuasi adalah proses yang bertujuan guna mengubah
sikap ataupun perilaku orang lain dalam sebuah peristiwa, ide ataupun objek
lainnya melalui bahasa verbal dan nonverbal yang didalamnya terdapat informasi,
perasaan, dan penalaran. Sebuah proses yang kompleks dimana individu memilih
untuk mengatur, dan menfasirkan informasai itu sendiri.
Komunikasi persuasif adalah proses komunikasi yang bertujuan
mempengaruhi orang lain agar sependapat dengan pembicara. Komunikasi persuasif
ini merupakan proses komunikasi yang menggunakan kata-kata persuasif dengan
tujuan mempengaruhi pendengarnya sesuai keinginan komunikator (Tribunnews.com).
Komunikasi persuasif juga bisa didapatkan melalui pengguna media baru.
Media baru adalah
konsep yang menjelaskan mengenai kemampuan media yang mempunyai dukungan
perangkat digital yang dapat mengakses konten apa saja, sehingga dapat
memberikan kesempatan bagi penerima atau pengguna lainnya untuk berpartisipasi
aktif, interaktif, dan kreatif terhadap feedback pesan. New media atau
media baru merupakan media yang menggunakan internet, media online berbasis
teknologi, berkarakter fleksibel, berpotensi interaktif dan dapat berfungsi
secara privat maupun secara public (Mcquails, 2011:3).
Aspek
penting dari media baru ini adalah mengaharuskan adanya perangkat digital.
Masyarakat dapat berpartisipasi untuk saling bertukar informasi. Semua media
baru menunjukan bahwa semua yang disebut “media baru” itu kebaruan yang
terletak pada teknologi yang mempunyai efek dari media yang ditentukan oleh
teknologi itu sendiri. Media baru adalah media yang berbasis teknologi komputer
sebagai platform distribusi suatu informasi yang melalui situs web. Media baru
ini merupakan media pertukaran data digital yang dikendalikan oleh software.
Bahasa
media baru ini juga didasarkan pada asumsi dengan semua benda budaya yang
mengandalkan representasi digital mengirimkan informasi berbasis komputer demi
peningkatan kualitas informasi . Seiring perkembangan software komputer maka
dari itu data-data dapat dimanipulasi dengan mudah. Media baru dapat
menghasilkan estetika baru, karena media baru menyediakan strategi dan juga
meningkatkan kualitas pada estetika konten. Artinya media dapat bermanfaat
untuk merekam suatu momen pada penampilan realitas dan dapat mengubah kualitas
dari data rekaman tersebut.
Tujuan
dari media baru adalah untuk mengkonstruksi realitas yang direkayasa oleh
sebuah media demi mendapatkan keuntungan secara finansial dari orang-orang
menggunakan segala komiditi yang ditawarkan oleh media. Beberapa manfaat yang
didapat dari penggunaan media baru :
a)
Media baru dapat diibaratkan sebagai sumber informasi
sehingga manfaat ini dapat dapat dirasakan oleh pelajar maupun mahasiswa,
dengan adanya media baru akan mempermudah dalam mengakses informasi yang akan
dicari. Mempermudah dalam mendapatkan ebook atau jurnal online.
b)
Media baru juga sangat membantu dalam menyelesaikan
pekerjaan secara cepat, adanya media surat elektronik maka akan mempermudah
dalam bertukar informasi tanpa harus bertatap muka.
c)
Dengan kemunculan media baru ini dan jejring sosial
yang dapat menghubungkan satu individu dengan individu lainnya walaupun tidak
dalam lokasi yang sama.
d)
Media baru dapat digunakan sebagai tempat untuk
berbisnis secara online.
e)
Media baru juga digunakan untuk mencari pekerjaan. Dan
hal ini dapat mempermudah para pencari pekerjaan tanpa harus mendatangi suatu
perusahaan, bahkan pada saat ini bisa melakukan tes masuk perusahaan secara
online.
Media
sosial merupakan sebuah sarana interaksi yang memiliki jumlah begitu besar
melalui berbagi informasi dan membentuk suatu komunitas secara virtual. Media
sosial muncul sebagai bagian dari perkembangan media baru. Perbedaan antara
media sosial dan media baru dengan media lama antara lain perbedaan dari segi
kualitas, jangkauan, frrekuensi, kedekatan, kegunaan, dan sifatnya permanen,
contohnya adalah internet. Sebagian besar yang memberikan kritik terhadap media
sosial yaitu tentang ekslusivitas situs, kesenjangan informasi yang tersedia,
masalah kepercayaan dan keandalan informasi yang disajikan, konsentrasi konten,
kepemilikan konten, dan makna yang diciptakan media sosial dalam berinteraksi.
Media
sosial memiliki efek yang positif tidak semuanya negative, karena media sosial
juga memungkinkan untuk individu mengiklankan diri mereka sendiri. Media sosial
seiring berjalannya waktu dan perkembangan maka definisi dari media sosial
dapat berubah dikarenakan pengguna media sosial itu sendiri. Hal ini didukung
dengan adanya fakta dari media sosial itu sendiri yang berkaitan pada teknologi
dan platform yang memungkinkan pembuatan konten interaktif sehingga
media sosial dapat berkolaborasi dan saling bertukar pesan dan informasi satu
sama lain.
Media
sosial adalah media yang dapat mengubah pasar media itu sendiri dari komunikasi
monologis menjadi komunikasi dialogis, ini terjadi karena dimedia sosial
menyediakan platform online bagi pengguna yang berpartisipasi aktif secarab
interaktif. Misalnya adalah orang dapat terhubung dengan individu, kelompok, atau organisasi lain yang mempunyai
pengetahuan tertentu. Media sosial juga dapat membantu seseorang untuk memahami
apa yang orang katakana tentang merk ataupun produk lainnya. Melalui media
sosial maka para pengguna dapat berinteraksi dan juga berpartisipasi aktif
secara terbuka menyampaikan, menerima dan mendisukusikan ide-ide baru sebagai
dasar pembuatan keputusan bisnis yang lebih baik (Sally Falkow).
Semua
manusia mempunyai kebutuhan sosial seperti berinteraksi dan terhubung satu sama
lain. Media sosial juga sebagai alat komunikasi yang dikembangkan untuk
membantu orang dalam memenuhi kebutuhan itu. Dengan adanya media sosial dapat
memberikan wawasan, pengalaman dan opini yang lain dan dapat berbagi
perspektif. Hampir semua orang berpatisipasi membentuk jaringan media sosial,
tidak ada seorangpun yang tidak berpartisipasi dalam satu atau jenis media
sosial.
Fungsi
media sosial, media sosial adalah media yang didesain untuk memperluas
interaksi sosial manusia menggunakan internet dan teknologi web. Media sosial
berhasil mentrasformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu
intitusi media ke banyak audience (one to many) menjadi sebuah praktik
komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many). (Merdeka.com)
Media
sosial berkembang dengan pesatnya menjadi media Public Relations (kehumasan)
baru dalam masyarakat dan mengubah berbagai hal. Media sosial menjadi tantangan
bahwa dampak negatif bermunculan. Tantangan dalam media sosial adalah kurangnya
penyampaian pesan yang tidak dilakukan secara langsung karena tidak melihat langsung bagaimana feedback
dari audience. Bisa terjadi kesalahpahaman apabila penyampaian pesan
melalui tulisan. Citra diri dalam kehidupan media sosial juga begitu penting
karena bagaimana cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri. Citra diri
ini adalah gambaran mengenai diri yang dibuat individu melalui penampilan diri
dan perasaan yang menyertainya berdasarkan penilaian dari diri sendiri maupun
pandangan orang lain terhadap dirinya.
B. Instagram
Sebagai Media Baru
Instagram
merupakan salah satu bentuk kemajuan internet dan tergolong media sosial yang
cukup digandrungi oleh khakayak masa kini. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan
meningkatnya pengguna Instagram pada setiap harinya. Terhitung pada April 2017
lalu, Instagram mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanannya telah mencapai
kisaran 800 juta akun dan angka tersebut banyak dibandingkan dengan tahun
sebelumnya (Yusuf, 2017).
Berbeda
dengan media sosial lainnya, Instagram begitu banyak penggunanya karena
kebanyakan khalayak posting foto dan video. Keunikan Instagram ini yang membuat
Instagram berbeda dengan media sosial lainnya. Instagram juga sering
memperbaharui sistemnya. Sejak kemunculan Instagram pada tahun 2010 silam,
Instagram sering memperbaharui fitur yang sehingga fiturnya lebih menarik dan
lengkap. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di instagaram pada saat ini:
a)
Pengikut (Follower) dan Mengikuti (Following)
Sistem
sosial di Instagram ini adalah dengan menjadi pengikut dan mengikuti akun
pengguna lainnya, demikian sebaliknya dengan memiliki pengikut Instagram.
Dengan demikian untuk menjalin komunikasi begitu mudah. Untuk menemukan
teman-teman di Instagram bisa ketik di bagian search username di following
atau follower.
b)
Posting Foto/Video dengan Caption
Kegunaan Instagram adalah
sebagai tempat untuk mengunggah foto dan video kepada pengguna lainnya. Di
Instagram dapat berbagi foto atau video maksimal 10 file dalam 1x post
di Instagram. Untuk video memiliki durasi waktu 1 menit yang dapat di unggah.
Biasanya sebelum mengunggah foto atau video para pengguna Instagram memberikan
keterangan mengenai foto tersebut atau biasa disebut caption.
c)
Efek (Filter)
Filter pada versi awalnya
memiliki efek-efek yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat menyunting
sebuah foto. Di dalam pengaplikasian efek, pengguna dapat menyunting foto
seperti mengatur warna di dalam foto tersebut.
d)
Label foto (Hashtag)
Sebuah foto yang diunggah dan
diberikan sebuah hashtag atau label foto itu akan memudahkan para
pengguna untuk mencari foto tersebut dengan menggunakan kata kunci. Demikian
para pengguna memberikan label atau hashtag pada foto atau video yang di
unggah. Label dapat digunakan dalam bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan
foto. Para pengguna dapat memasukan nama sendiri, tempat dimana mengambil foto
tersebut.
e)
Tanda suka
Instagram memiliki sebuah
fitur tanda suka dan fungsinya untuk menandakan bahwa pengguna menyukai foto atau
video yang diunggah.
f)
Instastory
Instastory adalah singkatan
dari Instagram stories. Instastory salah satu fitur yang memungkinkan
para penggunanya untuk membagikan foto ayau video yangakan terhapus dalam waktu
24 jam setelahnya. Didalam fitur instastory juga terdapat efek-efek yang bagus
dan lucu.
g)
Arsip Foto
Fitur ini berfungsi sebagai
media pribadi atau album pribadi. Pengguna dapat membagikan foto dan video yang
hanya bisa dilihat sendiri.
h)
Closefriend
Fitur ini, pengguna dapat
membagikan foto atau video di insastory yang hanya bisa diakses oleh pengguna
yang dipilih sebagai “closefriend”.
i)
Siaran Langsung
Fitur ini memungkin para
pengguna untuk melakukan siaran video secara langsung tanpa berbatas waktu yang
bisa ditonton follower atau pengikutnya.
j)
IGTV
Fitur ini adalah memungkin pengguna untuk menggunggah
video lebih dari 1 mwnit namun ini tidak tampil di feed profil unggahan,
melainkan di igtv itu sendiri.
Pada fitur diatas ini, Instagram
dapat dijadikan sebagai pengganti album foto dan video. Setiap unggahan di
Instagram tidak ada Batasan waktu. Pengguna dapat melihat foto atau video yang
di posting walaupun sudah cukup lama. Selain itu Instagram juga
merupakan salah satu mendorong perkembangan didalam bidang industri pemasaran.
Banyak sekali yang memanfaatkan Instagram ini sebagai media promosi untuk
barang ataupun jasa yang ditawarkan.
Instagram juga tidak hanya untuk komunikasi
sesama teman melainkan dapat promosi online shop dan sebagai media
hiburan juga. Instagram juga tempat penyampaian dan membagikan informasi.
Adapun pengguna yang memanfaatkan Instagram untuk membagikan video lucu, berita
asrtis atau fenomena kehidupan sehari-hari yang dijalani. Fungsi Instagram
sebagai berikut:
a)
Interaksi antara pengguna Instagram ini tentunya
fungsi utama dari setiap aplikasi media sosial. Sebelumnya dinyatakan bahwa
interaksi spesifik Instagram dapat melalui berbagi foto atau video dan mengirim
pesan (DM).
b)
Rekomendasi Tempat Liburan
Tidak
dapat dipungkiri bahwa sebagian
besar foto atau video yang dibagikan di Instagram memberikan informasi dan
keindahan tujuan wisata. Semua orang menginginkan perjalanan
liburan yang diambil dalam foto atau video dan kemudian dibagikan di Instagram.
c)
Mencari dan berbagi
informasi atau ilmu pengetahuan, tentu saja diantara banyak pengguna Instagram
tentu menemukan akun non-pribadi / akun khusus menyampaikan informasi atau
keahlian di bidang tertentu.
C. Konsep
Persepsi
Persepsi adalah suatu
proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indra atau juga disebut
proses sensoris. Stimulus tersebut akan diteruskan dan proses selanjutnya
merupakan proses persepsi. (Walgito, 2010).
Persepsi adalah suatu
proses identifikasi sesuatu dengan menggunakan panca indra. Persepsi merupakan
peran yang sangat penting dalam keberhasilan komunikasi. Artinya, kecermatan
dalam mempersepsikan stimuli indrawi mengantarkan kepada keberhasilan
komunikasi. Sebaliknya, kegagalan dalam mempersepsi stimulus, menyebabkan
mis-komunikasi (Suranto, 2011).
Persepsi merupakan salah satu aspek psikologis yang
penting bagi manusia dalam merespon kehadiran berbagai aspek disekitarnya.
Persepsi juga mengandung pengertian yang luas, menyangkut intern dan ekstern.
Berbagai ahli juga memberikan definisi yang beragam tentang persepsi, walaupun
pada prinsipnya mengandung makna yang sama. Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, persepsi adalah tanggapan (penerimaan) langsug dari sesuatu.
Setiap orang mempunyai kecenderungan dalam melihat
benda yang sama tapi dengan cara yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat
dipengaruhi dari berbagai faktor, diantaranya adalah pengetahuan, pengalaman,
dan sudut pandangnya. Perspsi juga bertautan dengan dengan cara pandang
seseorang terhadap suatu objek tertentu dengan cara yang berbeda-beda, dengan
menggunakan alat indera yang dimiliki, kemudian berusaha menafsirkannya.
Persepsi juga ada yang positif dan negatif ibarat file
yang sudah tersimpan rapi didalam alam pikiran bawah sadar. File itu
akan segera muncul ketika ada stimulus yang memincunya, ada kejadian yang
membukanya. Persepsi merupakan hasil kerja otak dalam memahami atau menilai
suatu hal yang terjadi disekitarnya (Waidi, 2006:118). Persepsi adalah
pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh
dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Persepsi ialah memberikan
makna pada stimulus indrawi (sensory stimuli).
D.
Konsep Personal Branding
1.
Pentingnya Personal
Branding
Personal Branding adalah
strategi untuk membangun brand atau citra kepada orang lain. Personal
branding berhubungan dengan image dan reputasi. Image bisa
dilihat dari apa yang seseorang katakan, kenakan, Bahasa tubuh, kepribadian,
serta cara seseorang tersebut memperlakukan orang lain. Reputasi berhubungan
dengan pengetahuan dan pengalaman unik yang seseorang miliki. Seseorang yang
memiliki pengetahuan luas, keterampilan, serta banyak pengalaman cenderung
memiliki reputasi baik di masyarakat. Image dan reputasi inilah yang
menjadi brand value.
Menurut William Arruda (2007) dalam Rampersad (2008:8)
personal
branding
berarti mengidentifikasikan dan mengkomunikasikan apa yang membuat seseorang
itu unik, relevan, dan menarik sehinnga dapat membedakan diri dari orang lain
dan meningkatkan karier atau bisnis orang tersebut. Personal Branding
adalah tentang pengaruh atau kemampuan untuk mempengaruhi keputusan dan tingkah
laku seseorang. Beberapa keuntungan dari Great Personal Brand adalah
menjadi “top of mind”, meningkatkan wewenang dan kepercayaan dalam keputusan,
menempatkan diri dalam peran leadership, mendaptkan pengakuan dan
membuat mencapai tujuan.
Personal branding suatu
proses pembentukan persepsi masyarakat atau public terhadap suatu aspek yang
dimiliki seseorang. Aspek ini juga meliputi kepribadian, kemampuan, nilai,
serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam diri individu. Dengan
adanya personal branding akan lebih leluasa untuk berkreasi di bidang
kreatif, meningkatkan kredibilitas dan hubungan baik pada orang sekitar, dan
tentunya menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara di endorse. Dalam
membentuk personal branding harus memiliki keunikan.
2.
Manfaat Personal Branding
Berikut
ada beberapa manfaat personal branding :
a) Seseorang
akan dipandang sebagai ahli atau expert pada bidang tertentu atau yang
ditekuni.
b) Reputasi
dan pengaruh terhadap oramg sekitar meningkat.
c) Seseorang
akan mendapatkan penghargaan dari orang sekitar.
d) Mendapatkan
berbagai hal positif juga akan meningkat.
e) Meraih
kesuksesan dalam karir.
3.
Cara Membangun Personal Branding
Membangun personal branding
salah satunya dengan cara mengenali diri dan itu hal yang mutlak. Setelah
mengenali diri maka akan bisa menentukan value atau nilai. Value
yang dimaksud dalam hal ini adalah prinsip hidup yang paling penting. Value
juga dapat berupa ajaran moral dan arahan cita-cita. Ada beberapa metode agar
dapat membantu mengenal diri lebih banyak lagi, sebagai berikut :
a) Mencari
tahu apa yang dibutuhkan
b) Mencari
tahu bakat yang dimiliki
c) Mencari
tahu minat
E. Teori
Media (medium theory) dan Personal Branding
Teori media
menyatakan bahwa produksi media merespon perkembangan sosial dan kemudian
mempengaruhi perkembangan tersebut. Mempengaruhi bagaimana berpikir dan
merespon pada dunia. Konsep dasar teori ini pertama kali dikemukakan oleh
Marshall McLuhan dan Harold Innis (1994). McLuhan menyatakan bahwa Medium is
the message atau media adalah pesan. Ide McLuhan yang paling terkenal
adalah saluran sebagai kekuatan dominan yang harus dipahami untuk mengetahui
bagaimana media mempengaruhi masyarakat.
McLuhan
menyatakan bahwa orang-orang beradaptasi terhadap lingkungannya melalui
berbagai macam keseimbangan atau rasio indrawi, dan media juga saat ini
utamanya mempengaruhi persepsi masyarakat. Dalam media tentunya berkaitan
dengan personal branding dengan konsep kepemimpinan (the law of
leadership) menurut Montaya, pada dasarnya orang ingin dipengaruhi. Mereka
menginginkan sosok pemimpin, yakni seseorang yang dapat menghilangkan rasa
ketidakpastian dan menawarkan mereka kejelasan. Membentuk unsur kepimpinan
tidak berarti individu harus menjadi yang terbaik dalam semua bidang. Dalam personal
branding sangat diperlukan menjadi seorang pemimpin karena untuk
mempengaruhi pengguna media dengan menampilkan citra yang baik.
0 komentar:
Posting Komentar